Rabu, 10 Agustus 2016

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa yaitu Taman Nasional Laut di kepulauan Karimunjawa sekitaran 120 km utara Semarang, Jawa Tengah. Ini yaitu satu diantara enam Taman Laut di Indonesia.



Kepulauan ini mempunyai 27 pulau dengan luas lokasi Taman 110, 117 ha serta cuma 4 pulau yang di huni yakni (pulau Karimunjawa, pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar, serta Pulau Menjangan Kecil) dengan keseluruhan masyarakat cuma sekitaran 10. 000 jiwa yang beberapa besar yaitu nelayan.

Menurut legenda awal mulanya yang menetap di Karimunjawa yaitu Sunan Nyamplungan (lahir sebagai Amir Hasan), putra satu diantara Sunan dari sembilan Sunan yakni Sunan Muria, satu diantara Muslim (Sunan) yang mengenalkan agama Islam ke Jawa.

Taman Laut Nasional Karimunjawa mempunyai lima type ekosistem yakni : rimba bakau, padang lamun serta rumput laut, rimba pesisir, rimba hujan tropis serta terumbu karang. Dengan Keanekaragaman hayati yang mengagumkan yakni : ada 44 type tanaman bakau, 11 type rumput laut, 9 type ganggang laut, 444 type ikan, serta 176 type karang. Untuk pakar botani serta peneliti Karimunjawa yaitu tempat menarik lantaran ada flora serta fauna yang unik. Pada saat penjajahan Belanda kepulauan ini dikunjungi oleh pakar botani populer seperti Teijsmann (th. 1854), Koorders (1886), Schlechter (1910) serta Dammerman (1926).

Taman Nasional Karimunjawa
Walau tempat ini begitu mempesona lantaran mempunyai pantai berpasir putih yang ditutupi oleh rimba hujan tropis tetapi pengembangan tempat pariwisata ini masihlah begitu terbatas karena letaknya yang terpencil.

Akses transport
Anda mempunyai tiga pilihan untuk menuju ke Karimunjawa yakni dengan perahu dari pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sekitaran 4 jam, perahu cepat dar Jepara (2 jam) atau mungkin dengan memakai perahu dari pelabuhan Kartini di Jepara sekitaran 6 jam. Butuh di ketahui kalau ketiga kapal itu dioperasikan cuma 2 x satu minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.